(DOC) Contoh Surat Perjanjian Sewa Rumah Resmi

(DOC) Contoh Surat Perjanjian Sewa Rumah Resmi
October 20, 2020 Comments Off on (DOC) Contoh Surat Perjanjian Sewa Rumah Resmi Bisnis, Dokument, Keuangan, surat Lourdes Cram
Contoh Surat Perjanjian Sewa Rumah Legal

Definisi Perjanjian

Menurut pasal 1313 KUHP (KUHP), perjanjian adalah perbuatan dimana satu orang atau lebih mengikatkan diri pada satu orang atau lebih. Menurut R Subekti dalam bukunya Law of Agreement, mengartikan kesepakatan sebagai suatu peristiwa dimana seseorang berjanji kepada orang lain atau dimana kedua orang tersebut saling berjanji untuk melaksanakan sesuatu. Letter of Agreement itu sendiri memuat banyak hal, salah satunya adalah sewa rumah (tanah dan bangunan).

Surat Perjanjian Sewa Rumah tidak bisa dibuat sembarangan / sembarangan, karena surat tersebut akan menjadi alat bukti antara kedua belah pihak agar tidak ada penyalahgunaan wewenang dalam perjanjian tersebut. Sebelum membuat perjanjian sewa rumahAda komponen yang harus diperhatikan dalam membuat atau menyepakati perjanjian sewa lahan, antara lain:

  1. Pihak yang Terlibat
  2. Periode waktu
  3. Kebutuhan
  4. Biaya
  5. pengajuan
  6. Regulasi
  7. Sepakat
  8. Kewajiban
  9. Menjamin
  10. Penghentian Perjanjian
  11. Jangka waktu perjanjian
  12. Penyelesaian sengketa

Dan perlu diingat bahwa karena surat ini memiliki kekuatan hukum, materai Rp. 6000 diperlukan untuk setiap penandatanganan. Dan juga ada baiknya jika perjanjian dibuat rangkap dua untuk PIHAK KESATU dan PIHAK KEDUA dengan setiap surat perjanjian dicap. Berikut ini adalah contoh Perjanjian Sewa Rumah Resmi yang dapat Anda gunakan:

Contoh surat perjanjian sewa menyewa rumah

PERJANJIAN SEWA RUMAH

Perjanjian ini dibuat pada _______ hari, tanggal ______ oleh dan antara:

  1. Nama:
    KTP No:
    Profesi:
    Alamat:
    Dalam hal ini bertindak untuk dan nama diri sendiri yang selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.
  2. Nama:
    KTP No:
    Profesi:
    Alamat:
    Dalam hal ini bertindak untuk dan nama diri sendiri yang selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Para pihak menjelaskan terlebih dahulu bahwa PIHAK PERTAMA sebagai pemilik sah dari tanah dan bangunan tersebut telah menyewakannya kepada PIHAK KEDUA yang telah menerima sewa dari PIHAK PERTAMA berupa: sebidang tanah dan bangunan yang terletak di Jalan ______ Nomor ______ seluas _______ dengan sertifikat Hak Milik ________ Desa _______.

Selanjutnya Para Pihak sepakat untuk mengikatkan diri dalam Perjanjian Sewa Rumah ini dan dilaksanakan dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

ARTIKEL 1

Sewa ini berlangsung selama ______ tahun, dan akan dimulai pada hari ____, tanggal ______ tersebut akan berakhir pada hari ____, tanggal ______.

SEKSI 2

Harga sewa untuk periode ________ tahun ini adalah _____. Jumlah uang telah dibayarkan oleh PIHAK KEDUA kepada PIHAK PERTAMA sebelum penandatanganan Perjanjian ini. Untuk penerimaan uang, Perjanjian ini juga bertindak sebagai tanda penerimaan.

PASAL 3

PIHAK KEDUA telah menerima apa yang disewa dalam kondisi baik. Dan oleh karena itu, pada saat sewa ini berakhir, PIHAK KEDUA wajib mengembalikannya dalam kondisi baik.

PASAL 4

Selama sewa ini PIHAK KEDUA tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kehancuran yang mungkin terjadi pada apa yang disewakan. Dapat disebabkan oleh kebakaran, gempa bumi, retakan pada dinding atau kerusakan konstruksi bangunan dan hal lain di luar kesalahan PIHAK KEDUA atau bencana alam pada umumnya.

PASAL 5

PIHAK KESATU menjamin PIHAK KEDUA bahwa yang disewakan adalah hak dan kekayaannya sendiri, tidak menjadi jaminan atas hutang apapun, dan bahwa selama sewa ini berlangsung, PIHAK KEDUA tidak akan menerima klaim dan atau campur tangan dari pihak lain yang mengklaim memiliki hak sebelumnya atau kepemilikan saham atas apa yang disewakan. Oleh karena itu, PIHAK KEDUA dengan ini dibebaskan oleh PIHAK PERTAMA terkait hal tersebut.

PASAL 6

Perjanjian sewa ini tidak akan berakhir sebelum jangka waktu yang disebutkan dalam Pasal 1 berakhir dan juga tidak akan berhenti karena salah satu dari mereka meninggal atau dialihkan atas apa yang telah disewakan kepada pihak lain sebelum jangka waktu sewa berakhir.

Dalam hal salah satu pihak meninggal dunia, maka ahli waris yang meninggal dunia berhak atau berkewajiban untuk memenuhi persyaratan atau melanjutkan sewa hingga jangka waktu sewa berakhir. Sedangkan untuk bangunan yang dipindahkan ke pihak lain, pemilik baru sewa harus memenuhi syarat dan ketentuan yang tercantum dalam Perjanjian ini.

PASAL 7

Pembayaran tagihan telepon dan air selama sewa ini ditanggung oleh PIHAK KEDUA. Sedangkan pajak wajib tetap dibayar oleh PIHAK PERTAMA.

PASAL 8

PIHAK KEDUA diperbolehkan untuk melakukan perubahan dan atau penambahan ruangan sesuai dengan kebutuhan PIHAK KEDUA, sepanjang tidak merusak atau merubah konstruksi bangunan. Dengan jangka waktu berakhirnya masa sewa, semua perubahan dan / atau penambahan bangunan menjadi milik PIHAK KESATU, tanpa kewajiban membayar ganti rugi dalam bentuk apapun kepada PIHAK KEDUA, kecuali barang dan / atau bahan yang bukan melekat padanya. tembok tetap menjadi milik PIHAK KEDUA.

Baca:  Contoh Ujian Nasional Bahasa Inggris untuk Kelas 6 SD

PASAL 9

PIHAK KEDUA berkewajiban untuk memelihara dengan baik apa yang disewanya, dengan biaya sendiri, termasuk mengecat dinding yang dianggap perlu oleh PIHAK KEDUA.

Pemeliharaan kebersihan wadah air, pembuangan air harus dilakukan oleh PIHAK KEDUA dan dengan biaya ______.

PASAL 10

PIHAK KEDUA dilarang menggunakan apa yang disewanya untuk tujuan selain untuk __________.

PASAL 11

PIHAK KEDUA tidak diperbolehkan dengan cara apapun untuk mengulangi sewa atau mengalihkan hak sewa, baik sebagian atau seluruhnya kepada pihak lain, tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari PIHAK PERTAMA.

PASAL 12

PIHAK KEDUA wajib mematuhi semua ketentuan yang berwenang mengenai orang yang menjalankan bisnis atau tinggal di rumah dan pekarangan.

PASAL 13

Dalam hal salah satu pihak ingin memperpanjang masa sewa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 akta ini, maka maksudnya harus diberitahukan kepada dan mendapat persetujuan tertulis dari pihak lainnya, dalam waktu tiga bulan sebelum masa sewa berakhir.

PASAL 14

Jika sewa ini belum berakhir, PIHAK KEDUA memutuskan sewa, PIHAK KEDUA tidak berhak untuk mengklaim kembali sewa yang tidak terpakai, yang menjadi milik PIHAK PERTAMA yang tidak dapat dikumpulkan PIHAK KEDUA, dan dianggap kompensasi karena penghentian ini. Persetujuan. .

PASAL 15

Apabila sewa ini dihentikan, karena jangka waktunya telah habis dan tidak dilanjutkan (lanjutan) sesuai ketentuan Pasal 13, PIHAK KEDUA wajib mengembalikan kepada PIHAK KESATU apa yang telah disewa dalam keadaan kosong (tidak dihuni siapapun. ).

Jika PIHAK KEDUA gagal memenuhi kewajibannya, PIHAK KEDUA dianggap lalai. Dan kelalaian mana yang dibuktikan dengan habisnya waktu yang telah ditentukan, sehingga tidak perlu dikeluarkan dengan surat juru sita atau dokumen sejenis. Oleh karena itu, untuk setiap hari kelalaian PIHAK KEDUA akan dikenakan kompensasi dalam jumlah yang harus dibayarkan segera dan pada saat yang sama secara penuh ke dan di tempat / di kantor PIHAK KESATU dan dengan kuitansi dari PIHAK PERTAMA atau perwakilan hukumnya.

PASAL 16

Dengan tidak mengurangi ketentuan Pasal 14 tersebut di atas mengenai aturan ganti rugi, PIHAK KEDUA sekarang juga untuk di kemudian hari, yaitu dalam hal PIHAK KEDUA mengabaikan kewajibannya untuk mengembalikan apa yang telah disewa dalam keadaan kosong bersama. dengan kunci selengkap mungkin untuk Ketika sewa ini berakhir, memberikan kewenangan kepada PIHAK PERTAMA dengan hak substitusi dan asumsi untuk:

  1. Menerbitkan PIHAK KEDUA dan atau pihak lain yang menempati gedung tersebut.
  2. Pindahkan semua barang dan furniture yang terdapat di dalam gedung, baik milik PIHAK KEDUA maupun milik pihak lain.
  3. Jika perlu, hubungi dan dengan bantuan pihak berwenang untuk melaksanakan ketentuan sub (1) dan (2).
  4. Lakukan semua tindakan yang diperlukan dan berguna untuk menerima kembali apa yang disewakan dalam keadaan kosong dengan kunci lengkap.

PASAL 17

Dalam hal terjadi perselisihan di kemudian hari, Para Pihak akan menyelesaikannya melalui musyawarah untuk mufakat. Dan jika penyelesaian musyawarah gagal, Para Pihak setuju untuk memilih domisili yang sah dan tetap di Kantor Panitera Pengadilan __________.

Dengan demikian Perjanjian ini dibuat dan ditandatangani sebagai bukti yang sah pada tanggal yang disebutkan di awal Perjanjian ini.

PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA

____________ ___________

SAKSI

___________

* Template surat perjanjian ini dibuat oleh Nekopencil.com

Unduh Contoh Surat Perjanjian Sewa Rumah (Doc Word)

Berikut ini adalah contoh file dokumen Perjanjian Sewa Rumah yang telah kami susun dengan rapi untuk anda download dan dapat digunakan:

Pemuat
Memuat …

Logo EAD
Terlalu lama?

Muat ulang Muat ulang dokumen

|

Buka Buka di tab baru

Unduh [19.14 KB]

Baca juga:
Contoh perjanjian jual beli tanah formal
Contoh Perjanjian Jual Beli Rumah Resmi
Contoh Perjanjian Sewa Tanah Resmi

5
/
5
(
1

Pilih
)

Postingan (DOC) Contoh Perjanjian Sewa Rumah Resmi muncul pertama kali di Nekopencil.

Tags
About The Author